September Ceria, Tercipta Pada Momentum yang Tepat

 


KOMPOSER
James F Sundah terkenal dengan lagu-lagu karyanya yang liriknya cukup puitis. Selain "Lilin-lilin Kecil", James juga pernah dikenal berkat lagu "September Ceria" yang dibawakan si burung camar Vina Panduwinata.

James mengatakan, bahwa terciptanya lagu "September Ceria" juga terjadi pada momentum yang tepat, yaitu bulan September. Karena pada bulan September yang merupakan masa pancaroba dari musim panas ke musim hujan, adalah masa yang menyenangkan bagi James untuk mencipta lagu.

Momentum yang tepat lainnya menurut James adalah komposernya, penyanyinya (Vina Panduwinata), musisinya (Addie MS) sama-sama lahir di bulan September. Lagu tersebut awalnya dibuat oleh James dalam bentuk rekaman demo, di mana James menyanyi sembari memainkan gitar akustik.

Kemudian dinyanyikan Vina dengan iringan denting piano elektrik dari Addie MS, serta musik berbirama 4/4 slow tempo dan juga bumbu string orchestra. Denting piano Addie MS pada lagu "September Ceria" selanjutnya memberi pengaruh bagi putranya, Kevin saat memainkan piano di lagu "Rasa Ini" nya Vierra.

Lagu "September Ceria" selanjutnya dimuat di album Citra Pesona (1983) dan proses rekamannya, menurut James, juga berlangsung cepat.

Selanjutnya lagu "September Ceria" menjadi theme song setiap bulan September, dari mulai acara di TV, sampai program belanja di supermarket pun menggunakan istilah "September Ceria". 

Foto: istimewa

0 Komentar